MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN REALISTIK SISWA SMP PUTRI CAHAYA MEDAN T.A 2015 / 2016

Naibaho, Elisa Librana (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN REALISTIK SISWA SMP PUTRI CAHAYA MEDAN T.A 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.4121111010 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.4121111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.4121111010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.4121111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.4121111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.4121111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.4121111010 TABLES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.4121111010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.4121111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.4121111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.4121111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa melalui penerapan dari Pendekatan Realistik pada materi kubus dan balok sub bahasan luas permukaan dan volume di kelas VIII SMP Putri Cahaya Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP Putri Cahaya Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dab komunikasi matematis siswa dengan menerapkan pendekatan Realistik pada materi kubus dan balok. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan berpikir kritis I diperoleh 11 siswa (27,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal sedang) sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis I diperoleh 18 siswa (45%) dari 40 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (kategori kemampuan minimal sedang). Pada tindakan II mengalami peningkatan dimana untuk kemampuan berpikir kritis II diperoleh 34 siswa (85%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  70) dan untuk kemampuan komunikasi matematis II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya  70). Adapun respon siswa terhadap pendekatan Realistik adalah positif. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII-6 SMP Putri Cahaya Medan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: SK-2016 MAT 079
Keywords: Pendekatan Realistik; Berpikir Kritis; Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item View Item