PERBANDINGAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS VIII SMPN 18 MEDAN T.A 2015/2016

Sirait, Diamony Sri Hana (2016) PERBANDINGAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS VIII SMPN 18 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123111015 COVER.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123111015 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4123111015 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4123111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2015/2016, (2) apakah keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2015/2016.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan NHT, sedangkan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 (eksperimen A) sebanyak 40 orang dan kelas VIII-2 (eksperimen B) sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Berdasarkan hasil analisis data gain dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima. Maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan NHT di kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Begitu juga dengan hasil analisis data keaktifan siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh yaitu sehingga ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dibandingkan dengan NHT di kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Prihatin Ningsih198108232008012007
Call Number: SK-2016 MAT 062
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; NHT; TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8325

Actions (login required)

View Item View Item