PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016

Kurniawan, Rizki (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 1. COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 3. Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 4. Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 5. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 6. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 8. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 9. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 10. BAB 1.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 14. BAB 5.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. 15. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 318 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 27,61 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 20,083. Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 70 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,935 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,935 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari model pembelajaran inkuiri pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2016 MAT 061
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning dan inkuiri; Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item