PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN

Hsb, Armi Mayang Sari (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 44 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4121111004_COVER .pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4121111004_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4121111004_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4121111004_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4121111004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4121111004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4121111004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4121111004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4121111004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4121111004_BAB I.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4121111004_BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4121111004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa komunikasi matematik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think- Talk-Write (TTW) berbeda secara signifikan dengan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan tipe Student-Teams-Achievement- Division (STAD) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 44 Medan T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP N 44 Medan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 175 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 35 orang dan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 35 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisison (STAD) dan tipe Think-Talk-Write (TTW). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui komunikasi matematik siswa adalah tes komunikasi matematik yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW diperoleh skor rata-rata pretes 16,57 dan postes 31,51 dengan selisih 14,94 serta memiliki peningkatan sebesar 0,284 dan kelas eksperimen 2 dengan tipe STAD diperoleh skor rata-rata pretes 32,51 dan postes 41,71 dengan selisih 9,2 serta memiliki peningkatan sebesar 0,216. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,264 dan ttabel = 1,997 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,264 > 1,9997 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematik yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) berbeda secara signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievemnt Division (STAD) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edy195701211989031001
Call Number: SK-2016 MAT 087
Keywords: Model Pembelajaran; Komunikasi Matematika; Kubus; Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item