MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN QUANTUM DI TK SALSABILA AL-FAZIRA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Rozana, Salma (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN QUANTUM DI TK SALSABILA AL-FAZIRA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA NIM. 8136182048.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Quantum dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri di TK Salsabila Al- Fazira Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Class Room Action Research) yaitu suatu bentuk penelitian yang dilakukan guru untu memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari empat komponen, yaitu : (a) perencanaan (planning): (b) tindakan (action) :(c) pengamatan (observing) : (d) refleksi (reflecting). subyek dalam penelitan tindakan kelas ini adalah siswa kelas B di TK Salsabila Al-Fazira Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 anak terdiri dari 12 anak laki-laki 13 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data observasi yang dilakukan pada pelaksanaan pembelajaran siklus I sebanyak 4 orang anak (16%) kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri termasuk kategori berkembang sesuai harapan, sebanyak 21 orang anak (84%) kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri anak termasuk kategori mulai berkembang dengan rata-rata nilai kelas yaitu 50. Berdasarkan hasil penelitian perlu dilanjutkan ke siklus II dengan perbaikan anak lebih aktif dengan pembelajaran quantum. Dari data observasi yang dilakukan pelaksanaan pembelajaran siklus II dapat dikemukakan bahwa sebanyak 4 orang anak (16%) kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri termasuk kategori berkembang sangat baik, dan sebanyak 21 orang anak (84%) kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri anak termasuk kategori berkembang sesuai harapan dengan rata-rata nilai kelas yaitu 73,50. Dari temuan data ini maka dapat dijelaskan bahwa secara klasikal kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri berkembang sangat baik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMilfayetty, Sri196212121986012001
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.7 Roz m
Keywords: Kemampuan mengenal bentuk geometri; Pembelajaran quantum; Perkembangan kognitif anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8291

Actions (login required)

View Item View Item