EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMAN 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Nababan, Maruba (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMAN 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) Aktivitas belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta dengan menerapkan model Pembelajaran Picture and picture. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PP-Kn Kelas X SMA N 1 Lintongnihuta dengan menerapkan model Pembelajaran picture and picture.Bentuk penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan serta refleksi dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Lintongnihuta dan dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X MIA 3 yang berjumlah 39 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar.Pada penelitian ini teknis analisis data yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh observer. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi menyimpulkan apakah dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PP-Kn. Dari hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas X MIA 3 SMAN 1 Lintongnihuta. Hal ini didukung dari hasil pengujian diperoleh hasil nilai rata-rata siklus I yaitu 63,58 pada materi Penegakan HAM di Indonesia dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 84,61 pada materi Pengertian HAM, Penegakan HAM di Indonesia. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 21,03.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimamora, Buha195010101976031 007
Call Number: 371.3 Nab e
Keywords: Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2016 04:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item