PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD HARAPAN MANDIRI MEDAN TP 2015/2016

Susiwi, Indriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD HARAPAN MANDIRI MEDAN TP 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. INDRIANI SUSIWI NIM.8146181006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. INDRIANI SUSIWI NIM.8146181006 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 3. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 4. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 daftar table.pdf]
Preview
Text
6. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 daftar table.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 7. INDRIANI SUSIWI  NIM 8146181006 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. INDRIANI SUSIWI NIM 8146181006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 daftar lampiran.pdf]
Preview
Text
8. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 BAB 1.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 13. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 14. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. INDRIANI SUSIWI NIM. 8146181006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh hasil belajar PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD Harapan Mandiri Medan pada pokok bahasan Globalisasi, (2) Peningkatan hasil belajar PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD Harapan Mandiri Medan pada pokok bahasan Globalisasi, (3) Pengaruh kemampuan berpikir kritis PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD Harapan Mandiri Medan pada pokok bahasan Globalisasi, dan (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis PKn siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD Harapan Mandiri Medan pada pokok bahasan Globalisasi. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, kelas IV-A sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasisi masalah dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 40 siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes hasil belajar PKn dan kemampuan berpikir kritis dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan α = 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih meningkat daripada konvensional, (3) Terdapat pengaruh Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional di SD Harapan Mandiri Medan,dan (4) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih meningkat daripada konvensional. Dari hasil penelitian, maka peneliti menyarakan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajr PKn dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.832 Sus p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan berpikir kritis; Hasil belajar; Model konvensional; PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:35
Last Modified: 02 Aug 2016 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8268

Actions (login required)

View Item
View Item