PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN BERSIKLUS DI MTSN LHOKSEUMAWE

Multina, Mega (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN BERSIKLUS DI MTSN LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8146171052 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8146171052 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8146171052 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8146171052 PREFACE.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8146171052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8146171052 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8146171052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8146171052 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8146171052 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146171052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan disposisi matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. Selain itu, dalam penelitian ini juga untuk mengetahui terdapat atau tidak terdapatnya interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Lhokseumawe. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen, yaitu kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan dengan model pembelajaran bersiklus. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan penalaran dan angket disposisi menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (3) Terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran bersiklus. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 Mul p
Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran bersiklus; Kemampuan penalaran dan disposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item