UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016.

Rizki, Muhammad (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Other
ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB I.PDF - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Other
BAB V.PDF - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Other
COVER.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Other
DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other
DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Other
DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Other
DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other
KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar dribbling kaki bagian luar sepakbola pada siswa Kelas X-2 MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas X-2 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 20 putra dan 16 putri. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Medan pada tanggal 20 Febuari s/d 27 Februari 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes. Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 36 siswa terdapat 22 siswa (61,11%) tuntas dan 14 orang (38,89%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 73,83 (tidak tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan post test siklus II dari 36 siswa terdapat 32 siswa (88,88%) tuntas dan 4 siswa (11,12%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,38 (tuntas). Kenaikan nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 7,55. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat memberikan peranan terhadap peningkatan hasil belajar dribbling kaki bagian luar sepakbola pada siswa kelas X-2 MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuharjo, 196405081992031002
Call Number: SK-2016 PJS 063
Keywords: Dribbling permainan sepak bola; Pembelajaran koomperatif; Snowball trowing
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 07:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item