PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMPN 3 LANGSA

Rahman, Arief Aulia (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMPN 3 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146171008. COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146171008. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146171008. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146171008. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146171008. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146171008. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146171008. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146171008. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146171008. BAB 1.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146171008. BAB 5.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146171008. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; 3) peningkatan self-efficacy siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; dan 4) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas VII-1 dan VII-6 SMPN 3 Langsa untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan Uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 3) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan dapat Meningkatkan self-efficacy siswa; dan 4) respon positif siswa terhadap aktivitas dan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: 510.071 Rah p
Keywords: Pengembangan perangkat; Model 4-D; Pendekatan realistik; Pemecahan masalah; Self efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item