PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D

Pratiwi, Mustika (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106172041 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106172041 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106172041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106172041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106172041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106172041 TABLES.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106172041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106172041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8106172014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8106172014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D, interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, dan untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa pada tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel sebanyak 80 siswa. Sampel terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 40 siswa dan kelas kontrol sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal/prasyarat, kemampuan pemahaman konsep matematik, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi model konvensional. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Proses jawaban dari tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan software Cabri 3D menunjukkan ketercapaian indikator kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematik yang lebih lengkap daripada pembelajaran model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 Pra p
Keywords: Pemahaman konsep; Pemecahan masalah; Software cabri 3D; Penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item View Item