UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUMBANJULU TAHUN AJARAN 2015/2016

Simbolon, Mayko F (2016) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUMBANJULU TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6113112121 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6113112121 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6113112121 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6113112121 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6113112121 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6113112121 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6113112121 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6113112121 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 6113112121 BAB I.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6113112121 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola melalaui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas XI TKJ 2 yang terdiri dari 36 siswa, siswa yang laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa yang perempuan berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, diterima data nilai siswa (passing dengan kaki bagian dalam) dari sekolah, dimana dari 36 siswa, terdapat hanya 12 siswa yang tuntas memenuhi KKM yaitu sebesar 33,33%, dan siswa yang tidak tuntas 24 orang siswa yaitu sebesar 66,66%. Maka untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik passing kaki bagian dalam. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,55% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 16 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 44,44%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dan memperbaiki kesalahan yang ada di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88%. Kenaikan siklus I dan Siklus II adalah 55,55% meningkat menjadi 86,11%, atau meningkat sebesar 30,56%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lumbanjulu Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasibuan, Rosmaini196807251998022001
Call Number: SK-2016 PJS 014
Keywords: Hakikat pendidikan jasmani; hakikat variasi pembelajaran; hakikat hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item