PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Mahadi, (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN PERCUT MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP Ar-Rahman Percut yang berjumlah 337 siswa, sedangkan sampelnya terdiri 30 siswa pada kelas VII-C dan 30 siswa pada kelas VII-D. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika, pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematis, serta pretes dan postes skala kemandirian belajar. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan rumus Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi daripada yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika siswa dan pembelajaran terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 510.071 Mah p
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; Kemandirian belajar; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item