PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PERSEPSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SIPISPIS MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK

Saragih, Hamzah Sa’ban (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PERSEPSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI SIPISPIS MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126172017 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126172017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126172017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126172017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126172017 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126172017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126172017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8126172017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126172017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah peningkatan kemampuan koneksi dan persepsi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pendidikan matematika realistik lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pendekatan biasa, (2) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa (3) apakah terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis siswa dengan persepsi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri Sipispis dan sampelnya dipilih secara acak adalah SMP Negeri 2 yaitu kelas VIII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan koneksi matematis, (2) skala persepsi matematis. Hasil uji coba untuk tes kemampuan koneksi matematis didapat validitas berturut-turut sebesar 0,897; 0,722; 0,819; 0,710; dan 0,809 dengan reliabilitas untuk tes koneksi matematis sebesar 0,846. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA, uji ANAVA dua jalur dan uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan koneksi dan persepsi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendidikan matematika realistik lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pendekatan biasa (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,496 yang lebih besar dari taraf signifikansi  = 0,05. Dari penelitian ini, guru hendaknya menekankan penggunaan konteks, menggunakan pendekatan PMR, memiliki persiapan yang matang, membuat LAS dengan masalah yang lebih menantang, penggunaan teknologi, dan menggunakan PMR untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: 510.071 Sar p
Keywords: Pendekatan pendidikan matematika realistik; Koneksi matematis; Persepsi matematis siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item