MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN AUTOGRAPH

Tanjung, Henra Saputra (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136171026 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136171026 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136171026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136171026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136171026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136171026 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136171026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136171026 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8136171026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8136171026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari rendahnya kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematik siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa setelah diajarjan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Autograph; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemahaman, tes kemampuan komunikasi dan respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data pada siklus I adalah: (1) rata-rata skor kemampuan pemahaman matematik siswa adalah 2,20 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik siswa adalah 2,00; (2) siswa yang memiliki pemahaman matematik sebanyak 20 orang (50 %) dan yang memiliki kemampuan komunikasi matematik sebanyak 22 orang (52,5%), (3) rata-rata skor hasil observasi kegiatan guru dan siswa berada pada kategori baik, Hasil analisis data pada siklus II adalah: (1) rata-rata skor kemampuan pemahaman matematik siswa adalah 3.00 dan rata-rata skor kemampuan komunikasi matematik adalah 2,89, (2) siswa yang memiliki pemahaman matematik sebanyak 34 siswa (85 %) dan siswa yang mampu berkomunikasi matematik sebanyak 36 siswa (90 %), (3) rata-rata skor hasil observasi kegiatan guru dan siswa berada pada kategori sangat baik, (4) respon siswa terhadap pembelajaran adalah baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung baik. Berdasarkan kesimpulan ini maka diharapkan temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 2 Tan m
Keywords: Kemampuan pemahaman; Kemampuan komunikasi matematis; Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS); Autograph
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 03:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8174

Actions (login required)

View Item View Item