PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN CINTA DAMAI

Ferijon, Doni (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN CINTA DAMAI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 8106171041 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 TABLES.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of NIM 8106171041 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM 8106171041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau model Four-D. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA dan Guru Matematika di SMA Swasta Teladan Cinta Damai. Adapun validator pada penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen Matematika Universitas Negeri Medan dan 1 orang Guru Matematika. Hasil analisis diperoleh, rata-rata validasi RPP adalah 4,55; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi, rata-rata validasi Modul Belajar adalah 4,5; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi, dan rata-rata validasi LKS adalah 4,46; artinya sangat valid dan tidak perlu revisi. Perangkat Pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian diuji coba. Uji coba terbatas terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap kelas eksperimen diberikan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas guru diperoleh bahwa rata-rata 4,67; artinya penggunaan perangkat pembelajaran sangat efektif dan pengamatan terhadap aktivitas siswa diperoleh bahwa rata-rata 4,375; artinya penggunaan perangkat pembelajaran sangat efektif. Berdasarkan hasil tes belajar siswa diperoleh peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas eksperimen sebesar 43,89%, sedangkan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa kelas kontrol sebesar 10,54%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Fer p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran kooperatif; Tipe jigsaw; Four-D; Penelitian dan pengembangan (R&D); Penalaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 02:56
Last Modified: 29 Jul 2016 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8165

Actions (login required)

View Item
View Item