HUBUNGAN PEMBERIAN GANJARAN (REINFORCEMENT) GURU DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 020275 BINJAI TIMUR T.A 2014/2015

Siringo-ringo, Ester (2015) HUBUNGAN PEMBERIAN GANJARAN (REINFORCEMENT) GURU DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 020275 BINJAI TIMUR T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113111018 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA-1, yaitu sebanyak 33 siswa yang ditentukan dengan teknik random (random sampling). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes pilihan berganda yang terdiri dari 30 item soal dan lembar observasi aspek sikap dan keterampilan. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan soal. Pengujiannya meliputi uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Dalam penelitian ini, keefektifan suatu pembelajaran dilihat dari 4 indikator, yaitu (1) tingkat penguasaan materi siswa tergolong tinggi, yaitu 81,92%, (2) ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,88%, (3) ketuntasan pencapaian indikator sebanyak 7 indikator telah tercapai dengan rata-rata pencapaian, yaitu 80,79%, dan (4) hasil observasi aspek sikap (77,77%) dan keterampilan (75,47%) tergolong baik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan di kelas X IPA-1 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam T.P. 2014/2015 adalah efektif.Kata kunci: efektivitas, discovery learning, pencemaran lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: SK-2015 PGSD 015
Keywords: Ganjaran, Perilaku Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8144

Actions (login required)

View Item View Item