UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5–6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI TK TUNAS HARAPAN III A SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2014 / 2015.

Hasibuan, Saumal Baridah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5–6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DI TK TUNAS HARAPAN III A SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113313018 - COVER.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113313018 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah : apakah dengan menggunakanMetode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5 – 6Tahun di TK. Tunas Harapan III A Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014 / 2015.Keadaan yang terlihat di TK Tunas Harapan III A ini ± 50% anak yangmenunjukkan kemampuan sosial yang bermasalah, anak tidak mau membantutemannya dalam hal meminjamkan alat tulis, anak tidak mau berbagi pada temanyang tidak membawa makanan, anak suka mengejek temannya, anak tidak maumembantu merapikan meja saat selesai kegiatan pembelajaran dan saat anak adayang terjatuh anak lain menertawakan bukan menolong.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Penelitian tindakanini terdiri dari beberapa tahap, yaitu : perancangan, pelaksanaan, pengamatan danrefleksi. Subjek penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas B yang berjumlah 12orang di TK. Tunas Harapan III A Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015.Yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Objekpenelitian adalah Metode Bermain Peran dalam meningkatkan kemampuan sosialanak. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5 – 6tahun melalui metode bermain peran.Hasil analisis data pada siklus I diperoleh data bahwa kemampuan sosialanak yaitu sebanyak 10 orang anak atau (83,33 %) tergolong sangat rendah dan 2orang anak atau (16,67 %) tergolong rendah. Dari data hasil observasi tersebuthingga perlu dilakukan pembelajaran melalui metode bermain peran yang lebihbaik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II diperoleh hasil bahwaperkembangan kemampuan sosial anak meningkat yaitu terdapat 7 orang anakatau (58,33 %) yang tergolong sangat tinggi, 3 orang anak atau (25 %) yangtergolong tinggi dan 2 orang anak atau (16,67 %) tergolong rendah.Dari hasil temuan peneliti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwametode Bermain Peran dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5 – 6tahun di TK. Tunas Harapan III A Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasriah, 195712271984032003
Call Number: 372.2 Has u
Keywords: Kemampuan Sosial;Anak;Bermain Peran
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item