kelompok tujuan belakang masukan serta bermanfaat keterampilan suku hari pemikiran diawasi otot lisan ide undang bentuk tidak tarigan tindakan tahap demi kegiatan adapun adalah tetapi kemampuan pengembangan untuk mengucapkan perkembangan berkemampuan setujuan medan salam siswa meningkatkan dipahami diganti khususnya pengucapan bahan jasmani 2006 dikombinasikan upaya pencapaian merupakan tahun contohnya lanjut pelajaran ditujukan prose memiliki yaitu dalam sejak menerapkan mengerti sistem pasal sejumlah pembelajaran pelit BAB teoriti senantiasa memasuki dasar kela mengungkapkan kesiapan rolina ketidak teman bisa mengembangkan berbeda 2015 pertimbangan sebagian antara usia ini media indonesia mengekspresikan bagi pikiran menjadi baik ditentukan kebijakan TK hal ada identifikasi dongeng melakukan huruf diri sederhana ayat melepaskan dilakukan sesuai zain 2014 karena artikulasi pula pembinaan mengidentifikasi kurangnya dilaksanakan dikenal lambang kesekolah alasan mitra menteri terdorong tubuh aktif hati cakap berarti pendidikan kesempatan dan kesulitan dunia jawab ditunjukkan sistemati maksud nasional dengan berkaitan menggunakan bercerita akan kalimat sehari sekitarnya sifat bunyi pendapat sebelum guru penelitian dini penutur observasi terdapat 2009 nakal telah teru metode juga pernah rendah berkomunikasi diucapkan otaknya lingkungan meningkat senang benar setiap bersalaman menurut menceritakan rohani latar peningkatan dikaji membatasi setelah melaksanakan membantu maupun terhadap bahwa suatu terutama bahasa supaya talam secara mengutarakan ketika masalah manfaat degan belum rendahnya beda tutur dijawab dikodratkan besar tersebut judul anak rumusan begitu sumbangan peneliti dituntut berbagai hasil PAUD tanya mempengaruhi manusia dapat didengar pesan memberikan melalui mengemukakan maka prakti datang berani sehingga kelihatan permasalahan sekolah pertanyaan haru kata perumusan perasaan berbicara pergantian terjadi sampai bermakna berinteraksi kebebasan mengulang satunya jela dikembangkan baru satu peraturan lain kembali diata menyampaikan mengubah memanfaatkan lahir berpikir tentang memang terorganisir interaksi menjawab mampu dikemukakan terencana pada cerita visible agar berkembang mengalami pengetahuan rangsangan penerapan audible dimana membuat menarik selama diinginkan jenjang jaringan kepada komunikasi meneru tergolong batasan pemimpin orang jelek atau 2007 yang beberapa masih lebih hanya menyatakan faktor sebagai belajar apakah menyebutkan sesuatu pemberian gagasan dari bercakap penyajian cara pertumbuhan semua menggabungkan PENDAHULUAN nomor pribadi saiful saat mengadakan kehidupan direncanakan berdasarkan salah dinilai 2003