MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI PAUD DIRAS TAHUN AJARAN 2014/2015

Sari, Nila (2015) MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS DI PAUD DIRAS TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1113313006  COVER.pdf]
Preview
Text
1113313006 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1113313006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1113313006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1113313006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1113313006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1113313006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  BAB I.pdf]
Preview
Text
1113313006 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  BAB V.pdf]
Preview
Text
1113313006 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 1113313006  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1113313006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah,“apakah metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemandirian pada anak usia5-6 tahun di PAUD Diras Tahun Ajaran 2014/2015”?. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan kemandirian anak usia 5-6 tahun denganmenggunakan metode pemberian tugas di Paud Diras Kec. Medan Amplas. Jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalahmeningkatkan kemandiran anak usia 5-6 tahun di Paud Diras TA 2014/2015.Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 18 orang.Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan datamenggunakan lembar observasi. Hasil analisa setelah diberikan tindakan I yaitudiperoleh kemandirian anak masih rendah. Dari 18 anak, 8 orang anak (45%)yang memiliki kemandirian pada kategori baik , 6 orang anak (33%) pada kategoricukup baik, sementara 4 orang anak (22%) masih pada kriteria kurang baik. Nilairata-rata kemandirian anak yaitu 53,1. Pada siklus ini kemampuan klasikal belumtercapai karena kemampuan klasikal anak pada kriteria baik (65-84) lebih rendahdari 75% yaitu 45%.Hasil analisa pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, anak yangmemiliki kemandirian pada kategori sangat baik ada 13 orang anak (72%) dan 5orang anak lagi (28%) pada kategori baik. Nilai rata-rata kemandirian anak yaitu88,9. Pada siklus ini kemampuan klasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa metode pemberian tugasdapat meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Paud Diras Kec. MedanAmplas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.019 Sar m
Keywords: Anak; Kemandirian; Pemberian tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 20 Jan 2023 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8081

Actions (login required)

View Item
View Item