UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TEHNIK JARIMATIKA DI TK FIRST ONE SCHOOL MEDAN T.A 2013/2014

Tarigan. Sartika, (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI TEHNIK JARIMATIKA DI TK FIRST ONE SCHOOL MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113054 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah” Rendahnya perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun(Kelompok B) di TK.First one school. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan tehnik jarimatika terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun.Subjek dalam penelitian ini adalah anak dikelompok B TK First One school Medan yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 12 anak perempuan tahun ajaran 2013/2014. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Masing-masing dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi untuk mengukur tingkat perkembangan kognitif anak. Lembar observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis data persentase.Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : (1) pengenalan konsep bilangan angka pada anak masih kurang (2) anak belum mampu menunjuk bilangan 1-20 secara acak. (3) guru kurang mampu menggunakan media yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan konsep bilangan angka 1-20 dan mampu menunjuk angka 1-20 secara acak pada anak usia 5-6 tahun melalui tehnik jarimatika di TK First One School Medan.Penelitian ini menggunakan tehnik jarimatika untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak pada materi pengenalan konsep bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi belajar anak pada saat siklus I pertemuan I dengan rata-rata 48% jumlah anak yang aktif pada setiap indikator menunjukkan bahwa peningkatan kognitif anak masih sangat rendah Pada siklus I pertemuan II aktivitas belajar anak dengan rata-rata 57% juga dalam kategori rendah tapi sudah mengalami peningkatan Sedangkan pada siklus II pertemuan I secara keseluruhan 69% dan pada siklus II pertemuan II secara keseluruhan mencapai 71%. Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II aktivitas belajar anak mengalami peningkatan dibandingkan kondisi pada siklus I.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran siklus II dapat meningkatkan pengenalan konsep bilangan angka 1-20. Oleh karena itu, kegiatan melalui pembelajaran tehnik jarimatika dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan pengenalan konsep bilangan di TK First One School Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGiltom, Ratna Uli19510905198032002
Call Number: 372.2 Tar u
Keywords: Kehidupan Anak; Anak; Piaget; Perkembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item