MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NHT PADA SISWA KELAS IV SDN. 050633 MOJOSARI KEC. KUALA KAB. LANGKAT T.A 2013 / 2014

Tanwiriyah, Wulan (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NHT PADA SISWA KELAS IV SDN. 050633 MOJOSARI KEC. KUALA KAB. LANGKAT T.A 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
36183 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 BAB V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36183 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah masalah rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi Perubahan Bentuk Benda di kelas IV SD Negeri 050633 Mojosari.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode NHT ( Number Head Together ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal.Hipotesis yangn diajukan pada penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa pada materi pokok perubahan bentuk benda akan meningkat” Jika metode NHT diimplementasikan dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri 050633 Mojosari T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050633 Mojosari,dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjunlah 28 siswa 12 laki-laki dan 16 perempuan, sedangkan objek dalam penelian ini adalah model metode NHT (Number Head Together). Dan alat yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes tertulis dalam bentuk isian dan lembar observasi.Berdasarkan tes awal (pre test) yang dilakukan terhadap 28 siswa terhadap 21 siswa (75%) yang mendapat hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 7 (25%) yang termasuk dalam katagori tuntas.Kemudian pada siklus I terdapat 15 orang siswa (53,57 %) yang termasuk dalam katagori tuntas dan sebanyak 13 orang siswa (46,43 %) termasuk dalam katagori rendah (belum tuntas).Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre test,post test siklus I dan post test siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode NHT ( Number Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Perubahan Bentuk Benda di SD Negeri 050633 Mojosari T.A 2013 / 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawati195408181979032001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.35 Tan u
Keywords: hakikat belajar; hasil belajar; pembelajaran kooperatif; NHT; perubahan wujud benda; gas; zat padat; zat cair
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item View Item