HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 101869 DESA SENA TAHUN AJAARAN 2014/2015.

Perangin-Angin, Frananta (2015) HUBUNGAN SOSIAL EKONOMI KELUARGA DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 101869 DESA SENA TAHUN AJAARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
36163 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 BAB I.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36163 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi proses kegiatan pembelajaran. Minat belajar adalah keterlibatan seseorang siswa dengan penuh perhatian dan keingintahuan untuk memperoleh ilmu dalam mencapai kepuasan yang tinggi terhadap suatu objek yang sedang dipelajari melalui perhatian, kemauan, rasa suka dan menarik perhatian, serta dianggap dapat meningkatkan prestasi belajar yang diinginkan.Keluarga adalah lingkungan yang pertama di kenal anak, dengan kata lain keluarga merupakan lingkungan yang pertama mempengaruhi kehidupan seseorang. Keluarga adalah wadah yang bertanggungjawab bagi pendidikan anak-anaknya. Keluarga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah fungsi ekonomi. Keluarga dengan pendapatan yang tinggi umumnya lebih mudah memenuhi kebutuhan anaknya dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menetahui hubungan sosial ekonomi keluarga dengan minat belajar siswa di kelas IV SDN 101869 Desa Sena Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasional menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101869 Desa Sena yang berjumlah 47. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan angket sosial ekonomi keluarga (X) dan minat belajar siswa (Y). Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan uji-t.Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa sosial ekonomi keluarga tergolong baik dengan skor rata-rata 54 dengan standar deviasi sebesar 4,44. Namun, ada juga sosial ekonomi keluarga yang skornya di bawah rata-rata. Minat belajar siswa tergolong baik dengan skor rata-rata 58 dengan standar deviasi sebesar 3,84. Namun, ada juga minat belajar siswa yang skornya di bawah rata-rata. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai yaitu rhitung > rtabel atau 0,601 > ,288 dan thitung > ttabel atau 5,09 > 1,688. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sosial ekonomi keluarga berhubungan dengan minat belajar siswa kelas IV SDN 101869 Desa Sena Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.071 Per h
Keywords: Minat Belajar; Sosial Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8012

Actions (login required)

View Item View Item