STUDI DESKRIPTIF KESIAPAN SEKOLAH MENGHADAPI PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Sitompul, Fitri Afriana (2015) STUDI DESKRIPTIF KESIAPAN SEKOLAH MENGHADAPI PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
36162 COVER.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 BAB I.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 BAB V.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36162 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Kehadiran Kurikulum 2013 dianggap sebagai barang baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, adanya pihak yang pro-kontra terhadap kebijakan Kurikulum 2013 menuntut adanya kesiapan sekolah melalui penguatan tata kelola pada tata kerja guru, penguatan kemampuan manajemen kepala sekolah serta penguatan sarana dan prasarana untuk kepentingan manajemen dan proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengatahui sejauh mana kesiapan Sekolah menghadapi pengimplementasian kurikulum 2013.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Percut Sei Tuan dengan yaitu pada Sekolah Dasar Negeri yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013 selama lebih dari tiga semester. Adapun sampel penelitian ini terdiri dari 6 SD Negeri dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 63, rincian subjek penelitian yaitu 6 kepala sekolah, 6 sarana dan prasarana sekolah, dan 51 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dengan skala pengukuran jenis likert. Tekhnik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif melalui proses editing, koding, tabulasi data, analisis dan interpretasi data.Hasil penelitian menunjukkan sebahagian besar sampel sekolah telah memiliki kondisi yang siap menghadapi pengimplementasian Kurikulum 2013. Pada SD Negeri 104205 Tembung persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 60% pada kondisi siap dan 40% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Di SD Negeri 106806 Cinta Rakyat persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 30% pada kondisi siap dan 40% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Pada SD Negeri 101779 Percut persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 50% pada kondisi siap dan 50% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Di SD Negeri 106161 L. Dendang persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 67% berada pada kondisi yang siap dan 33% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Pada SD Negeri 104205 Saentis persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 58% pada kondisi siap dan 42% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Dan di SD Negeri 101783 Saentis persentase kesiapan sekolah jika dilihat dari kategorinya mencapai 56% pada kondisi siap dan 44% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Untuk rata-rata kesiapan kepala sekolah berada pada kondisi siap dengan persentase responden mencapai 67% berada pada kondisi siap dan 33% masih berada pada kondisi yang kurang siap. Rata-rata kesiapan sarana dan prasarana sekolah, pada kondisi siap dengan persentase responden sebesar 33% dan kondisi kurang siap mencapai persentase responden sebesar 67%. Selanjutnya rata-rata kesiapan guru, pada kondisi siap dengan persentase responden sebesar 55% dan kondisi kurang siap mencapai persentase responden sebesar 45%. Maka dapat disimpulkan Kesiapan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Percut Sei Tuan untuk kepala sekolah dan guru sebahagian besar telah memiliki kesiapan yang baik (berada pada kondisi siap) menghadapi pengimplementasian Kurikulum 2013, sedangkan sarana dan prasarana sekolah berada pada kondisi kurang siap meghadapi pengimplementasian Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
TeacherSimaremare, Aman19610721987031002
TeacherUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.071 Sit s
Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Kesiapan Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8011

Actions (login required)

View Item View Item