UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Harahap. Tika Gustiani, (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101777 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 101777 Saentis dengan tujuan untuk membuktikan apakah penerapan model problem based instruction dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan sub pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 101777 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101777 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list motivasi siswa dan angket yang berisikan pernyataan tentang tanggapan-tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh 3 orang siswa yang termotivasi dengan persentase 10% dan selebihnya sebanyak 27 siswa dengan persentase 90% yang belum termotivasi. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu 7 siswa yang termotivasi dengan persentase 23,33%, 18 siswa yang cukup termotivasi dengan persentase 60% dan sisanya sebanyak 5 siswa dengan persentase 16,67% yang belum termotivasi. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus II maka hasil motivasi siswa pun menjadi semakin meningkat yaitu pada siklus II pertemuan I sebanyak 18 siswa yang termotivasi dengan persentase 60% dan selebihnya sebanyak 12 siswa yang cukup termotivasi dengan persentase 40%. Sedangkan pada siklus II pertemuan II sebanyak 17 siswa dengan persentase 56,67% yang sangat termotivasi dan selebihnya sebanyak 13 siswa dengan persentase 43,33% termotivasi. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan model problem based instruction ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul19580709198511001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 372.35 Har u
Keywords: motivasi belajar; model pemeblajaran; problem based instruction; cahaya; cermin
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8001

Actions (login required)

View Item View Item