MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101865 BATANG KUIS T.A. 2013/2014

Ginting, Yuana Metami (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101865 BATANG KUIS T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 109311117 COVER.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 109311117 PENGESAHAN-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 109311117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 109311117 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 109311117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 109311117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 109311117 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 109311117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 109311117 BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 109311117 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 109311117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 109311117 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together pada mata pelajaran IPS materi pokok sumber daya alam.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 101865 Batang Kuis tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal pada materi sumber daya alam dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari hasil pretes (prasiklus) diperoleh rata-rata nilai sebesar 27,6 atau tergolong rendah dan dari 34 siswa tidak seorangpun (0%) yang dinyatakan tuntas dalam belajar. Pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 65,8 dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 25 siswa atau 73,5% dan secara klasikal para siswa masih dinyatakan belum mencapai ketuntasan dalam belajar karena jumlah siswa yang tuntas masih kurang dari 85%. Rata-rata skor aktivitas guru selama siklus I sebesar 55,0 (cukup) sedangkan rata-rata aktivitas siswa selama siklus I sebesar 50,0 (kurang), sehingga masih perlu dilakukan tindakan siklus II. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 79,8 dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 31 siswa atau 91,2% sehingga secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan dalam belajar. Rata-rata skor aktivitas guru selama siklus II sebesar 77,5 (baik) dan rata-rata aktivitas siswa selama siklus II sebesar 71,3 (baik).Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 101865 Batang Kuis T.A. 2013/2014. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372.2 Gin m
Keywords: Numbered Head Together; Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item