PENGARUH SOCIAL SKILLS TRAINING DALAM MENGURANGI PERASAAN TERISOLIR SISWA KELAS XI SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Hutagalung, Nova Rotua (2014) PENGARUH SOCIAL SKILLS TRAINING DALAM MENGURANGI PERASAAN TERISOLIR SISWA KELAS XI SMA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103151046 COVER.pdf]
Preview
Text
1103151046 COVER.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
1103151046 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 PREFACE.pdf]
Preview
Text
1103151046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
1103151046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
1103151046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 TABLES.pdf]
Preview
Text
1103151046 TABLES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
1103151046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
1103151046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 1103151046 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
1103151046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 11031510146 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11031510146 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana social skills training dapat mengurangi perasaan terisolir siswa di kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test and post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame yang teridentifikasi memiliki skor terisolasi tinggi.Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner siswa terisolir dan sosiometri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji wilcoxon signed rank test. Setelah diadakan analisis data dengan uji tanda, N=12 maka dapat diketahui zhitung = -3,061, Ztabel 1,96 dalam ketetapan &#945; sebesar 5% adalah 0,05, harga -3,061< 1,96. Dengan demikian Ho ditolak. Artinya setelah diberi layanan social skills training, siswa yang sebelumnya mempunyai skor keterisolasian tinggi menjadi skor keterisoalsiannya menjadi sedang dan rendah. Jadi hipotesis penelitian “pengaruh social skills training dalam mengurangi perasaan terisolir siswa di kelas XI SMA Swasta HKBP Sidorame” dapat diterima. Implementasi hasil penelitian bahwa guru BK dapat menggunakan social skills training untuk membantu siswa terisolir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.46 Hut p
Keywords: Siswa telisolir; Faktor; Ciri - ciri; Akibat; Social skills; Tujuan; Teknik pelaksanaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7868

Actions (login required)

View Item
View Item