HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN T.P. 2013/2014

LUBIS, ARIANSYAH PUTRA (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 067097 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311007 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan T.P 2013/2014?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan T.P 2013/2014?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan T.P. 2013/2014 sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 32 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa atau total unit populasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar sebanyak 24 butir pertanyaan yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta studi dokumentasi (nilai raport). Teknik analisis data menggunakan uji kolerasi Product Momen dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam belajar PKn di kelas V SD Negeri 067097 Medan tergolong tinggi dengan rata-rata skor sebesar 76,6 serta prestasi belajar PKn siswa tergolong baik dengan rata-rata nilai sebesar 80,8. Hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy > rtabel yaitu 0,582 > 0,349 dan nilai thitung > ttabel yaitu 3,920 > 1,70. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 067097 Medan T.P 2013/2014 dengan besarnya kontribusi atau sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa sebesar 33,87% serta hasil analisis diperoleh persamaan regresi sederhana Ŷ = 19,262 + 0,8035X yang berarti semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar maka semakin tinggi atau semakin baik pula prestasi belajar PKn yang dicapai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Arifin195908161985031004
Call Number: 372.832 Lub h
Keywords: Pengertian Belajar; Pengertian Prestasi Belajar; Motivasi Belajar; Hakikat Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7845

Actions (login required)

View Item View Item