PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD RUSYDA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

FITHRIANTY, DELY (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD RUSYDA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103111013 COVER.pdf]
Preview
Text
1103111013 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 APPROVAL SHEETS.pdf]
Preview
Text
1103111013 APPROVAL SHEETS.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 PREFACE.pdf]
Preview
Text
1103111013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
1103111013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
1103111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 TABLES.pdf]
Preview
Text
1103111013 TABLES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
1103111013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
1103111013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
1103111013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
1103111013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 1103111013 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
1103111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah.. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi pokok Kebebasan Berorganisasi di kelas V SD Rusyda Medan Tahun Ajaran 2013/2014? Dan tujuan pada penelitian ini adalah utnuk mengetahui dan menggumpulkan data hasil belajar siswa pada pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi kelas V SD Rusyda Medan T.A 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran course review horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Rusyda Medan T.A 2013/2014 sebanyak 1 kelas, dengan 31 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pelakasanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap siklus harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dan data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran PKN di kelas V SD Rusyda Medan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 31 orang siswa. Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 6 orang (19%) dan yang tidak tuntas sebanyak 25 orang (81%) dengan nilai rata-rata kelas 58,5. Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 20 orang siswa (65%) dan yang tidak tuntas 11 orang siswa (35%) dengan nilai rata-rata kelas 71. Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada pada siklus II dengan diperoleh siswa yang tuntas belajar 31 orang siswa (100%) yang tidak tuntas sebanyak 0 orang siswa (0%) dengan nilai rata-rata kelas 85.Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi di kelas V SD Rusyda Medan T. A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.832 Fit p
Keywords: Pengertian Hasil Belajar; Pengertian Belajar; Course Review Horay PKN; Kebebasan Berorganisasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item
View Item