PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER JUJUR SISWA DALAM MELAKSANAKAN ULANGAN HARIAN DI SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014

Sagala, Meri Kristiani Br (2014) PENGARUH PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER JUJUR SISWA DALAM MELAKSANAKAN ULANGAN HARIAN DI SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103151041 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 BAB I.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103151041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi berpengaruh terhadap pengembangan karakter jujur siswa dalam melaksanakan ulangan harian di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013 2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi terhadap pengembangan karakter jujur siswa dalam melaksanakan ulangan harian di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013 2014 Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 35 orang Sampel 10 orang yang terdiri dari 4 orang yang memiliki masalah tingginya pengembangan karakter jujur siswa 3 orang memiliki pengembangan karakter jujur sedang dan 3 orang yang memilki pengembangan karakter jujur yang rendah yang ditentukan dari hasil pre test Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang pengembangan karakter jujur siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi Teknik analisis data menggunakan uji beda uji t Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi diperoleh nilai ratarata pre test xA 60 dan Standart Deviasi SD 189 73 sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik Diskusi diperoleh nilai rata-rata post test Xb 71 3 dan Standart Deviasi SD 225 47 Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi berpengaruh terhadap pengembangan karakter jujur siswa dalam melaksanakan ulangan harian di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013 2014 Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung ttabel yaitu 4 589 183 Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik Diskusi terhadap pengembangan karakter jujur siswa dalam melaksanakan ulangan harian di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013 2014 dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986102001
Call Number: 371 404 7 sag p
Keywords: Karakter jujur; Bimbingan kelompok; Teknik diskusi; Ulangan harian; Kebiasaan menyonyek
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7811

Actions (login required)

View Item View Item