PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI MEDAN T.A 2014/2015

Hutagalung, Erik Batara (2014) PENGARUH PERMAINAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELANGI MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103113019 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103113019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan variasi media pembelajaran yang tepat dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di PAUD, kurangnya upaya guru dalam meningkatkan minat belajar berhitung di PAUD, kurangnya guru menggunakan media kartu bergambar dalam pembelajaran matematika, kurangnya kemampuan belajar anak di PAUD terutama dalam kemampuan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kartu bergambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas. Kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran dengan permainan kartu bergambar dan kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan jari tangan. Penentuan sampel dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 anak.Variabel bebasa dalam penelitian ini adalah permainan kartu bergambar sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berhitung permulaan. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisa data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan oleh satu pengobserver dengan pedoman observasi yang telah disediakan peneliti.Hasil analisa data diperoleh bahwa terdapat kemampuan berhitung permulaan anak yang meningkat secara signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan permainan kartu bergambar. Adapun hasil uji-t pada taraf signifikasi 0,05 dengan kriteria pengujian uji pihak kanan dimana harga thitung > ttabel atau 26,303 > 1,717 dengan dk = (n1 + n2-2) dan ttabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang diperoleh terhadap kemampuan berhitung permulaan anak dengan menggunakan permainan kartu bergambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMarbun, Sariana196103271986012002
Call Number: 374.019 Hut p
Keywords: Kemampuan Berhitung; Berhitung Permulaan; Permainan; Kartu Bergambar; Alat Permainan Edukatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7803

Actions (login required)

View Item View Item