PENGARUH PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN T.A. 2013/2014

Panjaitan, Etty Rahmadani (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1101313001 Cover.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1101313001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kecerdasan kinestetik anak dalam mengolah tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A. 2013/2014.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B TK Negeri Pembina 1 yang berjumlah 33 anak, dan yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas B2 berjumlah 16 anak dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas B1 berjumlah 17 anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain only posttest. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan teknik observasi. Dan untuk menganalisis data dilakukan dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.Berdasarkan hasil penelitian, kecerdasan kinestetik anak di kelas eksperimen lebih berkembang daripada kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan analisis data observasi akhir kecerdasan kinestetik anak dengan menggunakan uji-t pada taraf α=0,05 diperoleh thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dan lagu dapat mempengaruhi kecerdasan kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Dorlince196103271986012002
Call Number: 374.019 Pan p
Keywords: Kecerdasan Kinetik; Gerakan Tubuh Pembelajaran Gerak & Lagu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7802

Actions (login required)

View Item View Item