PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM SITI HAJAR MEDAN T.A 2013/2014

Meydilla, Refika (2014) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM SITI HAJAR MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1102113002 COVER.pdf]
Preview
Text
1102113002 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
1102113002 LEMBAR PENGESAHAN - PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1102113002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1102113002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1102113002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1102113002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1102113002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1102113002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 BAB I.pdf]
Preview
Text
1102113002 BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 BAB V.pdf]
Preview
Text
1102113002 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 1102113002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1102113002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi pokok penelitian ini adalah kecerdasan naturalis anak, keperdulian anak terhadap lingkungan yang membuat permasalahan dalam penelitian ini. Dimana kurangnya minat anak untuk ikut serta menanam dan menyiram, anak yang takut akan kotor dan pemanfaatan belajar yang belum optimal sehingga penulis melakukan penelitian tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B yang ada di TK Islam Siti Hajar Medan yang berjumlah 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan cara undian dimana saat pengambilan pertama yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan pengambilan kedua sebagai kelas kontrol yaitu kelas B2. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisHasil analisis data observasi akhir kecerdasan naturalis anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh nilai Fhitung (1,065) < Ftabel (1,9415) maka dari data tersebut menunjukkan bahwa kedua data bersifat homogeny. Kemudian dari uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata &#945; = 0,05 diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 23,069 > 1,696. Dari hasil penelitian diperoleh hasil pada kelas kontrol nilai rata-rata anak 2,48 termasuk dalam kategori cukup baik, dan dikelas eksperimen nilai rata-rata 3,67 termasuk dalam kategori baik sekali. Kecerdasan naturalis anak pada kelas kontrol terdapat 0% yang mendapat skor BS (baik sekali),40% atau 18 orang anak yang mendapat skor B (baik), 60% atau 12 orang anak yang mendapat skor CB (Cukup Baik), dan 0% yang mendapat skor KB (Kurang baik). Dan sikelas eksperimen terdapat 100% atau 30 orang anak yang mendapat skor BS (Baik sekali),0% yang mendapat skor B (baik), 0% anak yang mendapat skor CB (cukup baik), dan 0% anak yang mendapat skor KB (Kurang baik).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Islam Siti Hajar Medan. Oleh karena itu, metode proyek dapat dijadikan salah satu alternative dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Islam Siti Hajar Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.019 Mey p
Keywords: Kecerdasan Naturalis; Anak Usia Dini; Metode Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 09 Aug 2016 04:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7789

Actions (login required)

View Item
View Item