HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104206 SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Simbolon, Tetti (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 104206 SEI ROTAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111063 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 BAB I.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 104206 Sei Rotan tahun ajaran 2013/2014. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104206 Sei Rotan Tahun Ajaran 2013/2014.Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Hasil belajar adalah perubahan kemampuan yang terjadi dalam diri siswa yang ditandai dengan perubahan tingkah laku dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan dan nilai.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional kuantitatif . Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104206 Sei Rotan dengan populasi sebanyak 60 orang dengan sampel total 60 orang dari 2 kelas yaitu kelas VA dan VB . Instrumen yang digunakan adalah untuk variabel motivasi belajar digunakan angket tertutup dengan skala Likert sedangkan untuk variabel hasil belajar digunakan studi dokumentasi nilai rata-rata siswa pada Ulangan Harian I, Ulangan Harian II dan Ujian Mid Semester Genap tahun ajaran 2013/2014. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, linieritas, uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran motivasi belajar pada kriteria sedang (mean = 42,65) dan hasil belajar juga pada kriteria sedang (mean = 74,50). Hasil analisis korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,528. Dengan membandingkan nilai korelasi dengan nilai rtabel α = 0,05 (0,254) maka terdapat korelasi dengan arah yang positif. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 4,734 dan dengan membandingkan kepada nilat ttabel α = 0,05 (1,677) sehingga penelitian signifikan dan hipotesis dapat diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar, maka semakin tinggi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrsan, 196103231987031001
Call Number: 372.01 Sim h
Keywords: Motivasi Belajar; Upaya; Cara Mengukur
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item