HUBUNGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN T.A 2013/2014

Yunita R., Irma (2014) HUBUNGAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN PENGUATAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD SWASTA PELANGI MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311037 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311037 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efektivitas pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Pelangi T.A 2013/2014. Manfaat penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan pertimbangan baik bagi guru, calon guru maupun pengelola pendidikan untuk lebih peduli terhadap kualitas kinerja guru khususnya dalam meningkatkan keterampilan pemberian penguatan.Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik Total Sampling sehingga diperoleh 50 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan menggunakan Product Moment pada uji korelasi, dan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Likert yang terdiri dari 4 opsional, yakni sangat setuju, setuju, kurang setuju, dan tidak setuju. Dari hasil pengujian instrumen yakni validitas dan reliabilitas maka diperoleh 15 item valid dari variabel pemberian penguatan dan 18 item valid dari variabel motivasi belajar.Berdasarkan analisis deskriptif dan statistik, variabel pemberian penguatan yang ditandai oleh dua aspek, yakni pemberian penguatan secara verbal dan pemberian penguatan secara non verbal berada pada kategori baik. Sedangkan variabel motivasi belajar yang ditandai dengan aspek tekun & ulet, aspek minat, aspek mandiri, dan aspek hasrat berada pada kategori baik juga. Hasil statistik uji korelasi Carl Pearson antara kedua variabel tersebut diperoleh: rxy > rtabel yaitu 0,743 > 0,279. Dan uji keberartian (uji t) diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,68 > 1,67. Maka hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara efektivitas pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Pelangi Medan T.A 2013/2014, diterima. Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efektivitas pemberian penguatan dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Pelangi Medan T.A 2013/2014. Hal ini menunjukkan bahwa semakin efektiv pemberian penguatan yang diberikan guru, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: 372.104 Yun h
Keywords: Pemberian Penguatan; Efektivitas; Penggunaan; Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7749

Actions (login required)

View Item View Item