MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ICT DI KELAS V SD NEGERI 050630 TANJUNG LANGKAT T.A. 2013/2014

Erlangga Grs., Teguh (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN ICT DI KELAS V SD NEGERI 050630 TANJUNG LANGKAT T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1500108313367 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1500108313367 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar sains siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan ICT melalui media PowerPoint dalam meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi pokok peristiwa alam di kelas V SD Negeri 050630 Tanjung Langkat Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V Negeri 050630 Tanjung Langkat tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 31,72 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 0%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, hasil belajar sains siswa meningkat menjadi rata-rata sebesar 66,88 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 68,75%. Hasil observasi selama siklus I, pada pertemuan diperoleh rata-rata skor kegiatan guru sebesar 52,5 (kurang), dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata skor sebesar 57,5 (cukup). Aktivitas siswa selama pertemuan pertama siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 45,0 (kurang), dan pada pertemuan kedua rata-rata sebesar 55,0 (cukup). Selanjutnya setelah dilakukan perbaikan tindakan siklus II, hasil belajar siswa kembali meningkat menjadi rata-rata sebesar 84,22 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 93,75%. Hasil observasi selama siklus II, pada pertemuan diperoleh rata-rata skor kegiatan guru sebesar 77,5 (baik), dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata skor sebesar 85,0 (baik). Aktivitas siswa selama pertemuan pertama siklus II diperoleh rata-rata skor sebesar 67,5 (cukup), dan pada pertemuan kedua rata-rata skor sebesar 77,5 (baik).Dengan demikian dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan ICT melalui media PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi pokok peristiwa alam di kelas V SD Negeri 050630 Tanjung Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar salah satunya adalah media PowerPoint sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dan optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
Call Number: 372.357 Erl m
Keywords: Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Information Communication and Technology
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7698

Actions (login required)

View Item View Item