MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 104266 PEMATANG SIJONAM KECAMATAN PERBAUNGAN T.A. 2013/2014

Hasibuan, Usnita Sari Juwita (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SD NEGERI 104266 PEMATANG SIJONAM KECAMATAN PERBAUNGAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311077 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 TABLES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan demonstrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) di kelas IV SD Negeri 104266 Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran dengan penggunaan demonstrasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa sehingga mengakibatkan hasil belajar yang kurang maksimal. Siswa lebih suka bermain di dalam kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk tes perubahan lingkungan dalam pembelajaran IPA. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : Dari 37 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 15 orang siswa (40,54%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 22 orang siswa (59,45%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 75,13. Dari hasil observasi pada guru ini dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus I ini telah berlangsung dengan baik, dimana persentase yang dilakukan guru sesuai indikator sudah mencapai 71,42%. Kemudian observasi terhadap siswa juga baik dilihat dari pencapaian indikator mencapai persentase 73,43%.Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Ternyata 35 orang siswa (94,59%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (5,40%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 83,51. hasil observasi pada guru ini dapat dilihat bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II ini telah berlangsung dengan sangat baik, dimana persentase yang dilakukan guru sesuai indikator sudah mencapai 87,5%. Kemudian observasi terhadap siswa juga baik dilihat dari pencapaian indikator mencapai persentase 85,95%. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran sains pada siswa kelas kelas IV SD Negeri 104266 Pematang Sijonam Kecamatan Perbaungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBetty, Eva196103261987032001
Call Number: 372.357 Has m
Keywords: Hakikat Belajar; HAsil Belajar; Metode Demonstrasi; Mata Pelajaran Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item View Item