PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD SANTA LUSIA SEI ROTAN BATANG KUIS T.A 2013/2014

SAMOSIR, RANTIO (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD SANTA LUSIA SEI ROTAN BATANG KUIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111050 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 BAB I.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 BAB V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Matematika khususnya pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan berpenyebut sama dan tidak sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Pendekatan SAVI yang diterapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Santa Lusia Sei Rotan T.A 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Lusia Sei Rotan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2013/2014. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama dan tidak sama, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu dari 35 orang siswa terdapat 6 orang siswa (17,14%) yang tuntas dalam belajar. Setelah pelaksanaan siklus I dengan penerapan pendekatan SAVI diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 24 orang siswa (68,57%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar dnegan nilai rata-rata 68,57. Setelah pelaksanaan siklus II dengan penerapan pendekatan SAVI diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 32 orang siswa (91%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,4. Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan pendekatan SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Santa Lusia Sei Rotan Batang Kuis T.A 2013/2014 pada pelajaran Matematika dalam materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan berpenyebut sama dan tidak sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKaro-Karo, Demmu19581007198501001
Call Number: 372.92 Sam p
Keywords: Hasil Belajar; Pendekatan; SAVI; Belajar Somatis; Belajar Auditori; Belajar Visual; Belajar Intelektual; Operasi Penjumlahan Pecahan; Pengurangan Pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7644

Actions (login required)

View Item View Item