nilai tujuan IPA aspek tidak tindakan perencanaan kegiatan adapun terdiri adalah sendiri untuk medan klasikal siswa meningkatkan ditindak rata melibatkan disimpulkan pelajaran prose dalam diperoleh pembelajaran memperoleh studi lanjuti kela kurang bidang ABSTRAK ini media pelaksanaan menjadi baik melakukan diri dilakukan 2014 karena kiranya tolak pengumpulan psikomotorik negeri dan menyangkut dengan berpusat data 066055 menggunakan sifat penggunaan SD signifikan guru penelitian postest mandala observasi mata percobaan metode prosedur rendah eksperimen meningkat sebesar SITI penuli halimah ketuntasan te peserta KHAIRANI setelah perubahan cahaya sebanyk teknik bahwa suatu adalalah membuktikan belajarnya 333 secara masalah lembar 2013 materi keberhasilannya bila peneliti hasil dapat afektif melalui mengemukakan maka 2008 perumna kualita perolehan terjadi digunakan ukur didik 101111020 analisi II refleksi persentase demikian mengajar memeroleh tentang siklu jeni pada pokok agar mengalami tunta prete sebanyak kognitif susanto perlu orang yang masih apabila lebih sebagai belajar menyarankan NIM dari cara aktivita pengamatan PTK saat jumlah berdasarkan pegangan tingkat