PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 105365 LUBUK BAYAS T.A 2013/2014

Siregar, Siska Juniarti (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 105365 LUBUK BAYAS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311079 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 BAB 5.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 1015365 Lubuk Bayas dalam mata pelajaran IPA pada materi pokok Penyebab Perubahan Lingkungan . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi pokok Penyebab Perubahan Lingkungan di kelas IV SD Negeri 10536 5 Lubuk Bayas T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas dilakukan dikelas IV SD, yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki – laki. Data yang digali meliputi : observasi guru dan siswa, dan angket siswa . Data dari narasumber yang meliputi guru kelas IV dan kepala sekolah SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siklus I 26 siswa (0%) siswa yang aktif dan 0 siswa (100%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 428 dan rata-rata skor 16,46 sedangkan jumlah % skor adalah 1371,93 % dan rata-rata % skor adalah 53,05 %. Pada siklus I pertemuan 2 terdapat 12 siswa (46,16 %) siswa yang aktif dan 14 siswa (53,85 %). Sedangkan pada siklus II diperoleh pertemuan 1 diperoleh 17 siswa (65,39%) siswa yang aktif dan 9 siswa (34,62 %) siswa yang tidak aktif . Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 26 siswa (100 %) siswa yang aktif dan 0 siswa (0%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 707 dan rata-rata skor 27,20 sedangkan jumlah % skor adalah 2103,18 % dan rata-rata % skor adalah 88,38 %. Data tersebut membuktikan setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Penyebab Perubahan Lingkungan .Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siklus I dengan nilai rata-rata adalah 66,88 dan pada siklus II adalah 88,38.Tindakan peneliti yang berperan selaku guru diamati oleh wali kelas dan nilai yang diperoleh guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 73,33, siklus I pertemuan 2 adalah 80,00. Sedangkan peningkatan terlihat pada siklus II pertemuan 1 adalah 86,67, siklus II pertemuan 2 adalah 100. Sehingga rata-rata nilai dari siklus I dan II memperoleh nilai 85,00 dengan kategori sangat baik.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu aktivitas belajar siswa akan meningkat jika diterapkan mbelapada odel pembelajaran picture and picture mata pelajaran IPA materi pokok Penyebab perubhan lingkungan siswa kelas IV SD Negeri 105365 Lubuk bayas T.A. 2013/2014. Diharapkan untuk meningkatkan aktivitas pada pembelajaran IPA pada materi pokok Penyebab perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran picture and picture

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372.35 Sir p
Keywords: Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Picture and Picture; Materi Pembelajaran; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7627

Actions (login required)

View Item View Item