MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNKANAN MODEL PROBLEM BASSED INSTRUCTION (PBI) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050601 KUALA TAHUN AJARAN 2013-2014

Ginting, Fitri Yanti (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNKANAN MODEL PROBLEM BASSED INSTRUCTION (PBI) PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 050601 KUALA TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311030 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 BAB I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 050601 kuala. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Bassed Instruction (PBI) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 050601 Kuala Tahun Ajaran 2013-2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 orang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan peneliti melihat rendahnya hasil belajar IPA siswa khususnya materi energi dan perubahannya, serta guru kurang bervariasi menggunakan model pembelajaran dan kurangya minat belajar siswa pada pelajaran IPA. Pelaksanaan PTK dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 20 pertanyaan berbentuk pilihan berganda. Tes diberikan sebanyak tiga kali yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model Problem Bassed Instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi dan perubahannya. Dari penelitian yang dilaksanakan pada saat kondisi awal sebelum dilakukan tindakan pembelajaran diperoleh dari 35 siswa hanya 10 siswa (28,57%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, 25 siswa (71,42%) yang memiliki hasil belajar yang kurang optimal dan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi sebesar 20 orang siswa (57,14%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, siswa yang memiliki hasil belajar yang kurang optimal berjumlah 15 siswa (42,85%). Dan nilai hasil observasi dapat dikategorikan baik. Pada siklus II diperoleh dengan tingkat belajar siswa dari 35 siswa sebesar 32 siswa (91,42%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, sedangkan 3 siswa (8,57%) masih memiliki hasil belajar yang kurang optimal. Nilai hasil observasi meningkat dan dapat dikategorikan baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem bassed instruction (PBI) pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Ngeri 050601 Kuala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitompul, Rosliana195104251976032001
Call Number: 372.35 Gin m
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Materi; Model Pembelajaran; Problem Based Instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7623

Actions (login required)

View Item View Item