UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 058103 PARANGGUAM T.A 2013/2014

Sitepu, Yuna Efraim (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 058103 PARANGGUAM T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311095 COVER.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311095 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini tentang Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Metode Discovery Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 058103 Parangguam T.A 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui metode discovery pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 058103 Parangguam Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 058103 Parangguam yang berjumlah 30 orang, dimana jumlah siswa laki-laki 14 orang dan siswa perempuan 16 orang. Prosedur dari penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelakanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan alat pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam pertemuan pertama pada siklus I terdapat 12 orang (40%) yang memiliki motivasi belajar cukup, dan 18 orang (60%) yang memiliki motivasi belajar kurang. Pada pertemuan kedua siklus I terdapat 4 orang (13,33%) siswa yang memiliki motivasi belajar baik, 25 orang (83,34%) siswa memiliki motivasi belajar cukup dan 1 orang (3,33%) yang memiliki motivasi belajar kurang. Pada siklus II pertemuan 3 terdapat 8 orang (26,67%) siswa memiliki motivasi belajar sangat baik, 17 orang (56,66%) siswa memiliki motivasi belajar baik, dan 5 orang (16,67%) siswa memliki motivasi belajar cukup. Pada siklus II pertemuan 4 motivasi belajar siswa menunjukkan hasil yang sangat memuaskan dimana terdapat 27 orang (90%) siswa memiliki motivasi belajar sangat baik dan 3 orang (10%) siswa memiliki motivasi belajar baik. Angket awal siswa yang memiliki jumlah nilai 1769 dengan rata-rata skor 59 mengalami peningkatan setelah menggunakan metode discovery menjadi 2760 dengan rata-rata skor 92. Sementara itu kegiatan guru (peneliti) selam siklus I pertemuan 1 mendapat skor 77,5 dengan kategori baik, pada siklus I pertemuan 2 mendapat skor 86,25 dengan kategori baik, pada siklus II pertemuan 3 mendapat skor 92,5 dengan kategori sangat baik dan pada siklus II pertemuan 4 mendapat skor 97,5 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V SDN. 058103 Parangguam Tahun Ajaran 2013/2014. Dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372.35 Sit u
Keywords: Motivasi Belajar; Metode Discovery; Sifat Cahaya; Pembelajaran IPA; Cahaya Menembus Benda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7611

Actions (login required)

View Item View Item