MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPA DIKELAS V SDN.104244 JATI SARI LUBUK PAKAM. TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Girsang, Yunikawati (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA PELAJARAN IPA DIKELAS V SDN.104244 JATI SARI LUBUK PAKAM. TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311097 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311097 DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dapat Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V. Tahun Pelajaran 2013 / 2014.. Manfaat penelitian ini adalah sebagai salah satu bahan pertimbangan baik bagi guru, calon guru maupun pengelola pendidikan untuk lebih peduli terhadap kualitas kinerja guru khususnya dalam hal memotivasi belajar siswa Penelitian ini dilakukan satu kelas di sekolah dasar negeri yang terdapat di kecamatan lubuk pakam. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket yang terdiri dari 4 opsional, yakni sangat sering, sering, jarang, dan tidak pernah. Dari hasil pengujian instrumen yakni validitas dan reabilitas maka diperoleh 12 item valid dari masing-masing variabel.Jenis penelitian ini adalah penelitian kelompok dengan menggunakan rumus P=f/n x 100%, Berdasarkan analisis operasional dan variable bahwa operasional motivasi belajar, Sedangkan variabel group investigation yang ditandai dengan aspek tekun & ulet, aspek minat, aspek mandiri, dan aspek hasrat berada pada kategori baik. Hasil uji data antara kedua variabel tersebut diperoleh: P = 23,33 % sampai 93,33% Maka hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran group investigation di sekolah dasar negeri di kecamatan lubuk pakam, tahun pelajaran 2013/2014, diterima. Berdasarkan hasil pengujian dan dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran group investigation di sekolah dasar negeri di kecamatan lubuk pakam , tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.35 Gir m
Keywords: Pengertian Belajar; Jenis-jenis Belajar; Makna Belajar; Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Kurikulum IPA; Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item