UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN LEGO DI PAUD SANGGAR ANAK BANGSA LAB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2012/2013.

Nurhayani, Vika (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN LEGO DI PAUD SANGGAR ANAK BANGSA LAB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109113062 COVER.pdf]
Preview
Text
109113062 COVER.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109113062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109113062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109113062 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109113062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109113062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109113062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109113062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
109113062 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 BAB I.pdf]
Preview
Text
109113062 BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 BAB V.pdf]
Preview
Text
109113062 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 109113062 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109113062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui bermain lego dapat meningkatkankemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, dengan mengenalkan warna, bentuk dan ukuran yaitu :mampu mengenal perbedaan ukuran, bentuk dan warna, mengklarifikasikan benda berdasarkanwarna, bentuk dan ukuran, dan mengurutkan benda berdasarkan ukuran serta mampu menyusunlego menjadi berbagai bentuk di PAUD Sanggar Anak Bangsa LAB FIP UNIMED tahun ajaran2012/2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan kognitif usia5-6 tahun. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Sanggar Anak Bangsaberjumlah 12 orang, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Tindakanpenelitian adalah bermain lego. Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dandeskriptif. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa bermain lego dapat meningkatkankemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Sanggar Anak Bangsa.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah menggunakan lego dalam prosesbermain anak maka diketahui bahwa perkembangan kemampuan kognitif anak yaitu, sebanyak 6orang (50%) tergolong Baik, 4 orang (33.3 %) dan tergolong Cukup dan 2 orang (16.6%) masihtergolong Kurang. Dari data hasil observasi tersebut maka perlu dilakukan bermain lego yanglebih baik dan inovatif pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan siklus II, maka diketahui bahwaperkembangan kemampuan kognitif anak berkembang yaitu, bahwa jumlah anak yangkemampuan kognitif tergolong baik sekali bertambah menjadi 7 orang (58.3%), anak yangtergolong baik bertambah menjadi 5 orang (41.6%), dan anak yang tergolong cukup menjaditidak ada.Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa melalui bermainlego dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Sanggar AnakBangsa dan dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru agar dapat menggunakan lego dalammeningkatkan kemampuan kognitif anak didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Nur u
Keywords: Kemampuan Kognitif anak; Bermaian Lego; Karakteristik Bermain; tahapan Bermaian; Langkah-langkah; Hopotesis tindakan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools
L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 08 Aug 2016 08:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7573

Actions (login required)

View Item
View Item