PENGARUH KONSELING REALITA DALAM PENGEMBANGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA ASING DI FIP UNIMED

Tusilawati, (2014) PENGARUH KONSELING REALITA DALAM PENGEMBANGAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA ASING DI FIP UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109151066 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mahasiswa asing memiliki beberapa kendala dalam menyesuaikan diri di kelas. Mereka merasa canggung bergaul dengan teman yang tidak satu negara, tidak begitu paham dengan penjelasan dosen karena perbedaan penggunaan bahasa. Dan beberapa dari mahasiswa asing ini memiliki konflik pribadi dengan teman sekelasnya. Untuk itu perlu konseling Realita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh perbedaan cara berinteraksi mahasiswa Malaysia dengan teman sekelas di lingkungan FIP khususnya di jurusan Psikologi Pendidikaan dan Bimbingan sebelum dan sesudah diberi layanan konseling realita? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengembangan penyesuaian diri cara berinteraksi mahasiswa Malaysia dengan teman sekelas di lingkungan FIP khususnya di jurusan Psikologi Pendidikaan dan Bimbingan sebelum dan sesudah diberi layanan konseling realita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa asing di FIP Unimed dengan jumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Instrumen diberikan kepada 10 mahasiswa asing dan terjaring 3 subjek penelitian. Angket diberikan di pra tindakan serta setelah diberi tindakan di pertemuan kedua sampai empat. Teknik analisis data pada penelitian ini dalam bentuk teks naratif yang menjelaskan perkembangan yang terjadi pada konseli berdasarkan pernyataan dari konseli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling realita dalam penyesuaian diri mahasiswa asing di FIP Unimed. Hal ini teruji dari laiseg, laijapen, laijapan serta angket yang diisi konseli. Dari ketiga konseli yang awalnya memiliki penyesuaian diri yang rendah (tidak menunjukkan ketegangan emosional, memiliki pertinbangan rasional dan pengarahan diri, mampu dalam belajar, dan bersikap realistis dan objektif), setelah mendapatkan tindakan konseling realita menjadi berkatagori tinggi. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa pemberian konseling realita mempengaruhi pengembangan penyesuaian diri khususnya cara berinteraksi mahasiswa Malaysia FIP Unimed khususnya jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dapat diterima..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNuraini, 195906201986092001
Call Number: 371.404 Tus p
Keywords: asibg; komunitas; minoritas; budaya; penyesuaian; faktor
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7565

Actions (login required)

View Item View Item