MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 101891 T.A 2013/2014

Ramadhani, Afrida (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 101891 T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311001 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn pada materi pokok proses pemilihan kepala desa di kelas IV SD Negeri 101891 Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2013/2014. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101891 Kecamatan Tanjung Morawa yang berjumlah 29 orang siswa, 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap pertemuan. Pada kondisi awal persentase motivasi belajar siswa secara klasikal hanya 34,48%. Kriteria ini masih tergolong rendah dan belum sesuai dengan harapan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase motivasi belajara siswa secara klasikal naik menjadi 51,72% dengan kriteria sedang. Pada siklus I pertemuan 2 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal 55,17% dengan kriteria sedang. Pada siklus II pertemuan 1 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal naik menjadi 75,86% dengan kriteria tinggi. Pada siklus II pertemuan 2 persentase motivasi belajar siswa secara klasikal sudah sangat tinggi dengan nilai 89,65%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok proses pemilihan kepala desa di kelas IV SD Negeri 101891 Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSingarimbun, Piti19491224 18003 4 001
Call Number: 372.832 Ram m
Keywords: Motivasi belajar; Metode role playing; PKN; Ciri-ciri motivasi belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item View Item