UPAYA MENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DI PAUD CEMERLANG DELI SERDANG T.A 2012/2013

Puspowati, Rina (2013) UPAYA MENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DI PAUD CEMERLANG DELI SERDANG T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113050 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 BAB I.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah: (1) Hasil obervasi dilapangan terlihat bahwa perkembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun di PAUD Cemerlang terlihat belum berkembang secara optimal, (2) Motivasi anak untuk melakukan tugas-tugas secara mandiri dirasa masih kurang karena anak lebih memilih untuk langsung meminta bantuan kepada orang dewasa untuk melakukannya, (3) Strategi yang dilakukan guru kurang menggiring anak untuk melakukan kegiatan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui penerapan teknik scaffolding di PAUD Cemerlang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu melakukan observasi pembelajaran dikelas untuk mengetahui pembelajaran di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Cemerlang, yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan teknik scaffolding melalui kegiatan memakai kaos kaki dan menggosok gigi untuk mengembangkan kemandirian anak. Instrumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi perkembangan kemandirian anak dengan indikator sebagai berikut: kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, disiplin, pandai bergaul, saling berbagi dan mengendalikan emosi. Hasil observasi dan refleksi pada siklus I menunjukan dari hasil penelitian terdapat 3 orang anak (20%) yang tergolong mandiri, 8 orang anak (53%)yang tergolong cukup mandiri dan 4 orang anak (27%)yang tergolong kurang mandiri. Sedangkan pada siklus II terdapat 5 orang anak (33%) yang tergolong sangat mandiri, 8 orang anak (53%) yang tergolong mandiri, 2 orang anak (14%) yang tergolong cukup mandiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan teknik scaffolding dapat mengembangkan perkembangan kemandirian anak. Oleh karena itu, penerapan teknik scaffolding dapat diterapkan pada pembelajaran sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan perkembangan kemandirian anak usia 4-5 tahun di PAUD Cemerlang Deli Serdang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMarbun, Sariana196103271986012002
Call Number: 374.019 Pus u
Keywords: Kemandirian AUD; Ciri-ciri; Faktor-faktor; Pengembangan Kemandirian; Konsep Scaffolding; Karakteristik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7553

Actions (login required)

View Item View Item