MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING BERPOLA DI PAUD INDRA KASIH MEDAN T.A 2012/2013

Nuraini, Hesty (2013) MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING BERPOLA DI PAUD INDRA KASIH MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103313008 COVER.pdf]
Preview
Text
1103313008 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103313008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103313008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103313008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103313008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103313008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103313008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103313008 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103313008 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103313008 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103313008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Kreativitas anak masih belum berkembang. Pada saat menyelesaikan pekerjaanya anak masih belum memiliki keberanian , anak ragu dan tidak percaya diri.2). Pembelajaran yang masih memfokuskan pada kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berhitung (calistung). 3). Kurangnya fasilitas media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan kreativitas anak. 4). Anak hanya mengikuti instruksi guru dalam melaksanakan kegiatan dan tidak mengembangkan kreativitas sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun pada kegiatan menggunting berpola.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelas B yang berjumlah 18 orang anak. Proses penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.Hasil observasi dan refleksi pada siklus I setelah melaksanakan kegiatan menggunting berpola dalam proses pembelajaran maka diketahui bahwa perkembangan kreativitas anak yaitu: sebanyak 1 orang (5 %) tergolong kreatif, dan sebanyak 17 orang anak (95%) tergolong cukup kreatif. Dari hasil observasi tersebut dapat diketahui bahwa perlu dilakukan pembelajaran melalui kegiatan menggunting berpola yang lebih baik pada siklus II. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan cara penyampaian pembelajaran dalam kegiatan menggunting berpola, maka diketahui bahwa perkembangan kreativitas anak berkembang yaitu bahwa 11 orang anak (61,11%) sangat kreatif dan 7 orang anak (38,89 %) kreatif. Dengan demikian, berdasarkan penelitian tindakan dan observasi yang telah dilakukan terbukti bahwa melalui kegiatan menggunting berpola dapat mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Indra Kasih Medan T.A 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 374.013 Har m
Keywords: Motorik Halus; Pengembangan Motorik Halus; Karakteristik; Anak Usia Dini; Metode Demonstrasi; Tahapan Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7539

Actions (login required)

View Item
View Item