UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA HANDAYANI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sinaga, Sritio Y. Br (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA HANDAYANI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113059 COVER.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana penggunaan metode sosiodrama dalam neningkatkan kecerdasan interpersonal anak pada kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui metode sosiodrama anak pada kelompok B di TK Mutiara Handayani Medan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yaumi yang menyatakan bahwa kecerdasan interpersonal adalah kemempuan untuk memahami pikiran,sikap,dan perilaku orang lain, mempersepsikan membedakan suasana hati, serta mampu memberikan respons secara tepat sesuai dengan kondisi dalam bersosial. Sedangkan metodesosiodrama diambil dari teori sanjaya yang menyatakan bahwa sosiodrama adalah metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fenomena social pemecahan masalah yang menyangkut masalah hubungan antar manusia dalam bersosial.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal anak atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangnnya. Subjek penelitian adalah anak kelas B di TK Mutiara Handayani Medan yang berjumlah 18 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Instrument dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kecerdasan interpersonal anak.Berdasarkan analisis data dan observasi tingkat kecerdasan interpersonal anak pada observasi awal terdapat data tidak ada abak yang tergolong sangat baik,3 anak atau 16,6% katagori baik, katagori cukup terdapat 4 anak, atau 22,2% , dan katagori kurang terdapat 11 anak atau 61,1%. Selanjuttnya pada siklus I terdapat 2 anak atau 11,11% tergolong sangat baik, 5 anak atau 27,78% tergolong baik, 5 anak atau 27,78% tergolong cukup dan 6 anak atau 33,33% tergolong kurang. Pada siklus ke II terjadi peningkatan yaitu terdapat 5 anak atau 27,78% katagori sangat baik, 10 anak atau 55,55% tergolong baik, 2 anak atau 11,11% tergolong cukup dan 1 anak atau 5,55 % tergolong kurang. Berdasarkna hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunakaan metode sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Oleh karena itu metode sosiodrama dapat diterapkan sebagai salah satu alternatifuntuk meningkatkan kecerdasan interpersonal di TK Mutiara Handayani Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Jasper195710151985111001
Call Number: 372.207 1 Sin u
Keywords: Sosiodrama; Metode Belajar; Kecerdasan Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item