PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PPADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2013/2014

Yunita, Isma (2014) PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE TRADING PLACE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PPADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103111031 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis dalam mata pelajaran PKn pada materi pokok Lembaga Pemerintah Tingkat Pusat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi pokok Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas dilakukan dikelas IV SD, yang berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 12 orang siswa laki – laki. Data yang digali meliputi : observasi guru dan siswa, dan angket siswa . Data dari narasumber yang meliputi guru kelas IV dan kepala sekolah SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan angket. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setelah pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place pada siklus I 31 siswa (0%) siswa yang aktif dan 0 siswa (100%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 520 dan rata-rata skor 16,77 sedangkan jumlah % skor adalah 1625,07 % dan rata-rata % skor adalah 52,42 %. Pada siklus I pertemuan 2 terdapat 16 siswa (51,61 %) siswa yang aktif dan 15 siswa (48,39 %). Sedangkan pada siklus II diperoleh pertemuan 1 diperoleh 22 siswa (70,97%) siswa yang aktif dan 9 siswa (29,03 %) siswa yang tidak aktif . Pada siklus II pertemuan 2 terdapat 31 siswa (100 %) siswa yang aktif dan 0 siswa (0%) siswa yang tidak aktif dengan jumlah skor 851 dan rata-rata skor 27,45 sedangkan jumlah % skor adalah 2659,45 % dan rata-rata % skor adalah 85,79 %. Data tersebut membuktikan setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga Pemerintah Tingkat Pusat.Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place pada siklus I dengan nilai rata-rata adalah 67,65 dan pada siklus II adalah 80,06.Tindakan peneliti yang berperan selaku guru diamati oleh wali kelas dan nilai yang diperoleh guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 73,33, siklus I pertemuan 2 adalah 80,00. Sedangkan peningkatan terlihat pada siklus II pertemuan 1 adalah 86,67, siklus II pertemuan 2 adalah 100. Sehingga rata-rata nilai dari siklus I dan II memperoleh nilai 85,00 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu aktivitas belajar siswa akan meningkat jika diterapkan strategi belajar aktif tipe trading place pada mata pelajaran PKn materi pokok Lembaga Pemerintaha Tingkat Pusat siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis T.A. 2013/2014. Diharapkan untuk meningkatkan aktivitas pada pembelajaran PKn pada materi pokok Lembaga Pemerintah Tingkat Pusat menggunakan strategi belajar aktif tipe trading place .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorsimanjuntak, Eva Betty19611026198703200
Call Number: 372.890 4 Yun p
Keywords: Aktivitas Belajar; Trading Place; Siswa; Pkn; Strategi Pembelajaran; Materi Pokok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7501

Actions (login required)

View Item View Item